Sambal Kecap yang Menggugah Selera

cara membuat sambal kecap
Di Indonesia, masakan seringkali kurang terasa lengkap jika tidak dilengkapi dengan sambal. Ada berbagai macam ragam sambal yang ada di Indonesia, misalnya seperti sambal terasi, sambal tomat, sambal korek, sambal bawang, sambal kecap, dan masih banyak lagi. Setiap jenis sambal memiliki rasa yang unik dan cocok untuk masakan-masakan tertentu.

Ambillah sambal kecap sebagai contoh. Sambal jenis ini memiliki rasa yang manis, gurih, dan pedas. Sambal jenis ini cocok untuk dijadikan pelengkap sate, gulai, seafood, ayam bakar, dan hidangan lainnya. Bisa juga hanya dicocol dengan gorengan tanpa nasi. Bagi mereka yang ingin mencoba makan sambal tetapi tidak terlalu menyukai pedas, bisa mencoba sambal kecap ini untuk hidangan masakan anda. Sambal kecap sebenarnya dibuat bukan untuk menghasilkan sensasi pedas seperti sambal lainnya. Sambal ini hanyalah sebagai pelengkap dalam penyajian makanannya saja. Namun, terkadang sambal ini dibuat lebih pedas menurut selera.


Sesuai dengan namanya, sambal ini dibuat dengan bahan dasar kecap. Kecap atau dalam bahasa inggris yang berarti “soy sauce” merupakan bumbu dapur atau penyedap makanan berwarna kental coklat kehitaman atau hitam, serta memiliki rasa manis atau asin dengan aroma yang khas. Kecap diolah dari biji kedelai hitam pilihan yang diproses secara higienis sehingga menjadikannya sempurna. Perbedaan antara yang manis dengan yang asin yaitu dari bahan dasar pembuatannya. Kecap manis biasanya kental yang terbuat dari kedelai, sementara kecap asin terbuat berbahan dasar kedelai dengan komposisi garam lebih banyak dan lebih cair. Ada juga yang membuat kecap menggunakan berbahan dasar ampas dari pembuatan tahu.

Cara membuat sambal kecap tidaklah sulit. Jika dibandingkan dengan sambal – sambal lain, malah sambal inilah yang paling simple pembuatannya. Berikut ini adalah resep sambal kecap yang manis dan menggugah selera.

Bahan yang Diperlukan:
  • 6 cabai merah, diiris.
  • 4 cabai rawit, diiris.
  • 5 butir bawang merah, diiris tipis-tipis.
  • 5 sendok makan kecap manis.
  • 1 sendok the air jeruk limau (optional).
Cara Membuat Sambal Kecap:
Cara membuatnya tidak susah, cukup campurkan semua bahan menjadi satu kemudian aduk hingga rata. Selesai. Sambal kecap
Bagaimana, mudah bukan cara membuat sambal kecap?. Resep ini bisa anda praktekan sendiri dirumah dan bisa juga dimodifikasi sesuai dengan selera Anda. Jika Anda ingin rasa yang lebih pedas, jumlah cabai bisa diperbanyak atau gunakan cabai rawit saja tanpa cabe merah. Bila suka dengan rasa yang gurih, bisa ditambahkan sedikit garam dan merica. Bisa juga ditambah irisan daun jeruk agar aromanya lebih mantab.

Selamat mencoba dan menikmati menu hidangan anda bersama sambal kecap manis dengan hasil racikan sendiri. Dijamin dapat menggugah selera makan anda.