Belajar Cara Membuat Sambal Khas Padang

cara membuat sambal Padang
Kuliner asli Padang memang sudah melekat di lidah seluruh masyarakat Indonesia. Jika boleh jujur, rumah makan padang merupakan tempat penjajah lidah yang mudah dijumpai hampir di seluruh wilayah negeri ini. Hal ini menandakan masakan Padang diterima dengan baik oleh orang-orang, mungkin juga termasuk Anda di dalamnya. Apa yang khas dari masakan Padang? Jawabannya mungkin beragam, bisa jadi karena ayam pop-nya, balado kentangnya, atau bahkan sambalnya? Berbicara soal sambal, Padang dikenal memiliki kekhasannya tersendiri. Rasanya nikmat dan berbeda dari sambal kebanyakan. Kehadiran sambal padang ini semakin menggugah selera. Nah, jika Anda penggemar masakan Padang, berikut kami sajikan cara membuat sambal Padang yang bisa Anda coba di rumah. Dengan sambal Padang ini, Anda tak perlu menyambangi rumah makan setiap waktu bukan? Selamat menyimak.


Siapkan Bahan-bahan!

Untuk membuat sambal khas Padang yang nikmat, siapkanlah bahan-bahan sebagai berikut:
  • 6 biji cabe rawit berwarna hijau.
  • 20 buah cabe besar hijau.
  • 12 biji bawang merah.
  • Tomat segar dengan ukuran sedang 3 buah. Pilihlah yang berwarna hijau.
  • Minyak sayur untuk menumis sebanyak 4 sendok makan atau secukupnya.
  • Garam bubuk dan gula pasir secukupnya atau sesuai dengan selera Anda.
  • Air perasan jeruk nipis sebanyak ½ sendok teh.
  • (opsional) Penyedap sesuai selera

Mari Membuat Sambal Khas Padang


Setelah semua bahan-bahan siap, saatnya kita meracik sambal Padang. Adapun cara membuat sambal Padang, langah demi langkah, sebagai berikut:
  • Pertama, cuci bersih tomat, cabe rawit hijau, cabe besar hijau, bawang merah dan juga bawang putih. Kemudian setelahnya, dikukus selama kurang lebih 5 menit. Selanjutnya angkat dan tiriskan. Setelah agak kering, tumbuk atau uleklah. Tapi jangan sampai halus sempurna, biarkan agak kasar.
  • Kedua, panaskan minyak di wajan. Kemudian tumislah semua bahan bumbu yang telah ditumbuk kasar pada langkah pertama tadi. Tunggu sampai semuanya layu.
  • Tambahkan ke dalamnya bubuk garam dan juga gula pasir. Aduk sebentar dan masukkan pula air perasan jeruk nipis. Kembali aduk sambal padang hingga matang sempurna.
  • Angkat sambal hijau khas Padang Anda dan sajikan bersama dengan hidangan spesial lainnya.

Cara membuat sambal Padang ini cukup mudah bukan? Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah didapatkan. Jadi, siapa bilang makanan nikmat harus selalu repot? Sambal khas padang ini paling asik dimakan bersama dengan nasi hangat dan juga lauk khas Padang lainnya seperti ikan pindang, kikil padang, ayam sayur, babat, terong balado, gulai tambusu dan masih banyak lagi lainnya. Rasanya juara! Sebagai tambahan, Anda bisa menggunakan cabe rawit, tomat dan juga cabe besar dengan warna lain selain hijau. Tapi pastikan warnanya seragam. Kekhasan padang juga terletak pada pengukusan bahan sambal, jadi meski Anda memodifikasi resep, pastikan bahan-bahan tetap direbus sebelum diulek agar signatur Padang tidak hilang. Selamat mencoba ya!