Cara Membuat Sambal Nanas Segar

cara membuat sambal nanas
Nanas, ananas, nenas atau Ananas Comusus L. Mer merupakan sederetan nama yang merujuk pada buat tropis yang konon kabarnya pertama kali ditemukan tumbuh di tabah Brazil, Bolivia hingga Paraguay. Tumbuhan nanas ini hampir menyerupai pandan. Tengok saja daunnya yang panjang dengan ujung yang cenderung tajam. Ia juga berbentuk roset yang mengelilingi batangnya yang tebal. Buah nanas ini mirip seperti pohon pinus, alasan inilah yang membuat orang-orang di luar sana menyebutnya Pineaplle. Adapun nama nanas sendiri berasal dari bahasa orang Tupi yakni “anana” yang memiliki artian sangat baik. Nah, sama seperti namanya, memang buah nanas ini sangat baik dikonsumsi sebab ia kaya akan senyawa penting yang baik untuk kesehatan manusia. Sehingga, wajar jika banyak pakar nutrisi yang menyarankan kita mengkonsumsi nanas. Tapi bagaimana jika kita bosan dengan cara memakan nanas yang itu-itu saja? Mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk Anda menikmati nanas dalam bentuk sambal. Kuliner yang satu ini memang hanya pelengkap santapan utama, tapi rasa dan khasiatnya luar biasa. Tertarik mencoba? Berikut kami sajikan cara membuat sambal nanas yang segar.


Siapkan Bahan-bahan!


Untuk membuat sambal nanas ini cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah didapatkan. Berikut daftarnya:
  • 1 buah nanas yang mengkal. Dari 1 buah ini yang kita gunakan hanya sebanyak 150 gram-nya saja. Sebaiknya gunakan daging nanas yang baru saja dibuka buahnya, sebab nanas kemasan atau yang sudah mengalami proses penyimpanan tidak lagi mantap diolah menjadi sambal.
  • Cabe merah keriting sebanyak 5 buah.
  • Cabe rawit keriting sebanyak 5 buah.
  • Bawang putih sebanyak 2 siung.
  • Garam dan gula pasir secukupnya atau sesuai dengan selera Anda.

Mari Meracik Sambal Nanas Segar


Setelah semua bahan-bahan yang dibuthkan telah siap, saatnya kita memproses sambal nanas. Adapun cara membuat sambal nanas ini, langkah demi langkah, sebagai berikut:
  • Pertama, kupaslah buan nanas. Pastikan tak ada satupun kulitnya yang masih menempel pada daging buahnya. Setelah itu, potonglah daging nanas dalam bentuk dadu.
  • Selanjutnya, bersihkan cabe, bawang merah dan juga putih. Kemudian ulek hingga halus.
  • Terakhir, masukkanlah nanas ke dalam ulekan dan proses hingga ia menyatu dengan bahan lainnya. Tapi pastikan nanasnya tidak hancur sempurna, biarkan ia dalam keadaan sedikit kasar. Sajikan.

Cara membuat sambal nanas segar ini cukup mudah dan praktis bukan? Ia sangat pas dinikmati bersama dengan ayam goreng atau ikan bakar. Rasanya unik sebab percampuran manis, asam, gurih dan juga pedas. Sambal nanas segar ini bisa menjadi pilihan Anda jika sedang jenuh menyantap sambal yang itu-itu saja. Selamat mencoba di rumah Anda ya!